Yakobus 4:13-17

Membuat perencanaan hidup dan kerja itu sangat penting, meski beberapa orang mengatakan bahwa pencapaian yang terbaik adalah pekerjaan tanpa rencana. Alkitab menegaskan perlunya perencanaan kerja yang baik agar kehidupan kita semakin baik, sejahtera, suatu bangsa dan negara menjadi maju. Iman kita akan semakin teguh ketika kita merasakan tangan Tuhan memberkati setiap pekerjaan yang telah kita persiapkan dengan baik. Rasul Yakobus mengingatkan kita untuk tidak melupakan Tuhan dalam setiap rencana dalam melaksanakan aktifitas kehidupan kita. Iman dan perbuatan itu ibarat dua sisi mata uang, setiap sisinya akan memiliki nilai berkat adanya sisi lainnya. Iman juga demikian, Iman akan memiliki nilai jika ada perbuatan yang sesuai dengan Iman kita. Iman tanpa perbuatan adalah mati dan sia-sia.

Dalam Yakobus 4:13-17 dengan tegas mengingatkan orang percaya, bahwa PERCAYA KEPADA TUHAN YESUS SAJA tidak cukup. Betul, bahwa Kristus Yesus telah menebus kita dari dosa dan maut, sehingga setiap orang yang percaya akan kematian dan kebangkitan Yesus Kristus, tidak perlu takut lagi dengan akhir zaman (Sola Fife).Betul, bahwa Kristus Yesus telah mengaruniakan keselamatan itu secara gratis (Sola Gratia), bahwa keselamatan itu bukan hasil usaha dan kerja keras umat manusia, tetapi karena kasih karunia Tuhan Yesus semata.(Efesus 2:8)
"Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,"

Dan betul juga bahwa Kristus Yesus telah memastikan orang percaya akan menerima kehidupan kekal dengan menghidupi firman-Nya;firman Tuhan adalah jalan kehidupan yang pasti (Sola Scriptura). Namun orang percaya harus membuktikan iman yang bekerja oleh kasih. Kesetiaan kita kepada Kristus Yesus harus dibuktikan dengan mempercayakan sepenuhnya kehidupan kita kepada Tuhan, dan bersungguh-sungguh melakukan pekerjaan kita sesuai dengan firman-Nya.

Post a Comment

 
Top